Saturday, April 14, 2012

Hikmah Gempa Setelah Rusuh

GEMPA ternyata bisa meredakan amarah massa yang tidak puas pada hasil Pilkada Aceh. Padahal beberapa jam sebelum gempa berkuatan 8,5 SR melanda Aceh dan kawasan lain Sumatera, di beberapa tempat di Aceh terjadi kerusuhan. Akibat kerusuhan itu, tiga kantor Camat di Gayo Lues, masing-masing Kantor Camat Blangkejeren, Dabung Gelang dan Blangpegayon, hangus dibakar massa yang tidak puas pada hasil Pilkada. Akibatnya, seluruh peralatan administrasi di ketiga kantor itu ikut terbakar. Kerugian ditaksir Rp 10 Miliar.

Namun belum lagi reda kemarahan massa, lalu berguncanglah gempa dahsyat. Massa berlarian menyelamatkan diri, tidak terkecuali massa yang ikut berunjukrasa. Keadaan rusuh langsung kondusif.  Sampai malam, keadaan di Gayo Lues tidak lagi rusuh. Sebab mereka khawatir, jika sewaktu-waktu gempa susulan terjadi lagi. Walau tidak berada di kawasan pantai yang berpotensi tsunami, gempa telah membikin amarah sebagian masyarakat Gayo Lues mereda dengan sendirinya.

Bencana alam memang bisa menyebabkan manusia sadar dan mendorong orang memilih jalan damai untuk menyelesaikan konflik.  Perdamaian di Aceh tercipta seperti sekarang ini, harus diakui sebagai hikmah dari peristiwa gempa dahsyat dan tsunami pada Desember 2004. Ratusan ribu masyarakat Aceh, menjadi korban. Ini mendorong kelompok bertikai di Aceh, untuk berdamai. Hasilnya seperti sekarang ini. Masyarakat Aceh, telah dua kali menyelenggarakan Pilkada secara demokratis, terlepas dari berbagai dinamika yang terjadi menyertainya.

Peristiwa gempa yang terjadi Rabu sore, 11 April 2012, kita harapkan sebagai renungan bagi seluruh masyarakat Aceh. Apalagi secara ilmu pengetahuan, gempa yang berkekuatan 8,5 SR yang berpusat di kedalaman di bawah 30 kilometer di bawah laut berpotensi tsunami. Gempa yang melanda Aceh dan kawasan Aceh dan Sumatera berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah dasar laut. Tidak heran bila sejumlah ilmuan Amerika menilai ajaib gempa itu tidak menghasilkan tsunami.

Sebagai umat beragama, kita patut mensyukuri rahmat Tuhan ini sehingga tidak terjadi korban banyak akibat gempa itu. Kitapun berharap masyarakat Aceh akan semakin damai, maju dan sejahtera. Amin.

No comments:

Post a Comment